Pasang banner iklan disini

Tuesday, January 24, 2012

Mundurnya dua punggawa RIM



Kabar mengejutkan datang dari kubu Research In Motion dimana mereka mengumumkan bahwa duo co-CEO Jim Balsillie dan Mike Lazaridis memutuskan untuk mundur dari jabatan mereka. Ini mengindikasikan bahwa di tubuh RIM tengah ada masalah?



Tentu terlalu awal bagi kita untuk menyimpulkan hal tersebut, namun menilik dari adanya sejumlah rumor mengenai kegagalan produk mereka terutama PlayBook dan menurunnya penjualan yang berdampak pada menurunnya nilai saham mereka telah membuat publik berkesimpulan bahwa perusahaan yang berbasis di Kanada ini tengah dirunduh masalah.

Thorsten Heins yang semula menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) RIM telah dipilih untuk menggantikan Jim Balsillie dan Mike Lazaridis. Namun begitu Lazaridis dan Balisillie masih berstatus pemilik saham terbesar RIM. Dimana masing-masing memegang kepemilikan 5% saham RIM. Selain itu, keduanya juga masih masuk dalam jajaran dewan perusahaan. Khusus Lazaridis, ia juga akan tetap aktif sebagai vice-chairman dan head of innovation committee perusahaan asal Kanada itu.

Thorsten Heins tak lain adalah masih orang dalam RIM yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO). Heins terpilih sebagai President dan CEO untuk meneruskan implementasi berbagai rencana RIM ke depan yang sebelumnya sudah diajukan kedua co-CEO ke dewan direksi.

Sebagai CEO baru tantangan yang dihadapi tak hanya berjuang melawan dominasi Apple dan Android milik Google. Pria berusia 54 tahun ini juga perlu menangkis persaingan dari Microsoft yang menggandeng operator seperti AT&T dan vendor ponsel seperti Nokia untuk ambil bagian di pasar smartphone.

Dalam sebuah wawancara, Heins menyebutkan fokus RIM pada software milik sendiri akan memberikan hasil jangka panjang. Sekitar 18 bulan silam, RIM mempertimbangkan dan memutuskan untuk tidak mengadopsi sistem operasi lain.

"Strategi Jim dan Mike dengan tidak mengorbankan value jangka panjang untuk waktu jangka pendek adalah benar. Saya setuju dengan value tersebut," kata Heins. Menurutnya, strategi RIM yang bergantung pada software sendiri meniru apa yang dilakukan Apple.

0 comments:

Post a Comment

SMS Gratis Disini