Pasang banner iklan disini

Monday, April 30, 2012

MENGENAL DAN UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT KANKER SERVIC

Sobat Punggawa, Kanker leher rahim(servic) adalah jenis kanker yang selalu dapat dicegah. Meski begitu, kanker rahim menjadi masalah kesehatan terbesar di negara berkembang akibat terbatasnya akses screening dan pengobatan. Setiap tahunnya, terdapat kurang lebih 400 ribu kasus baru kanker leher rahim (cervical cancer) wow.., sebanyak 80 persen terjadi pada wanita yang hidup di negara berkembang. Penderita terbayak kanker leher rahim ada di Indonesia .

Umumnya penyebab terbanyak, berhubungan dengan infeksi Human Papilloma Virus (HPV ) yang menular lewat hubungan seksual. Seorang wanita bisa terinfeksi virus ini pada usia berlasan tahun dan baru diketahui mengidap kanker 20 atau 30 tahun kemudian setelah infeksi kenker menyebar. Umumnya wanita paruh baya berusia 40 tahun yang menderita kanker leher rahim.
Kanker leher rahim adalah jenis kanker yang biasanya tumbuh lambat pada wanita dan mempengaruhi mulut rahim , bagian yang menyambungkan antara rahim dan vagina . Kanker ini sifatnya tidakditurunkan melainkan dipengaruhi oleh aktivitas seksual.
Berdasarkan penelitian-penelitian tentang kanker leher rahim, dipastikan bahwa faktor risiko tinggi diketahui adalah wanita yang melakukan hubungan seksual berganti-ganti pasangan, berhubungan seks pertama kali pada usia muda dan memiliki sejarah merokok . Namun penyebab pastinya adalah virus HPV yang dipercaya menyebabkan sel-sel dan jaringan di leher rahim tumbuh tidaknormal dan berkembang menjadi kanker leher rahim.
Gejala
Pada kondisi prakanker, umumnya tidak ada gejala dan tak ada rasa nyeri . Kanker ini dapat dideteksi dengan menggunakan Pap Smear . Bila kanker ini sudah muncul, gejalanya dapat berupa :
Terdapat keputihan berlebihan, berbau busuk dan tidak sembuh-sembuh
Adanya perdarahan tidak normal. Initerjadi hanya bila setelah sel-sel leher rahim menjadi bersifat kanker dan menyerang jaringan-jaringan di sekitarnya. Tanda- tandanya adalah sebagai berikut:
pemberhentian darah lewat vagina
Meningkatnya perdarahan selama menstruasi
Terjadinya siklus diluar menstruasi dan setelah hubungan seks
Nyeri selama berhubungan seks
Kesulitan atau nyeri dalam perkemihan
Terasa nyeri didaerah sekitar panggul
Perdarahan pada masa pra atau paska menopause
Bila kanker sudah mencapai stadiumtiga ke atas, maka akan terjadi pembengkakan diberbagai anggota tubuh seperti betis, paha, tangan dan sebagainya
Gejala-gejala ini juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatanserius lainnya. Jadi sebaiknya dianjurkan untuk mengunjungi dokter kandungan untuk memastikannya. Pasalnya bisa jadi perdarahan tersebut akibat gangguan keseimbangan hormon.
Diagnosis dan Terapi
Deteksi dini kanker leher rahim sangat diperlukan agar bisa disembuhkan. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan pap smear dan biopsi untuk mendeteksi kanker leher rahim, sel-sel abnormal dan luka prakanker di leher rahim. Direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan pap smear setahun sekali bagi wanita usia diatas 21 tahun, atau bagi mereka yang sudah melakukan hubungan seks. Bagi wanita yang berusia diatas 30 tahun dan telah melakukan pap smear selama 3 kali berturut-turut dan hasilnya normal dapat melakukan tes ini setiap dua atau tiga tahun sekali. Setelah tes dilakukan dan hasil pemeriksaan diketahui, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Silahkan bagikan info ini ke sahabat atau keluarga kalian sobat Punggawa. Agar bermanfa'at buat kita semua.

0 comments:

Post a Comment

SMS Gratis Disini